DEPARTEMEN DAKWAH- ( PERINGATAN HARI BESAR ISLAM) “ISRA MIRAJ” 27 RAJAB 1440 H

DSC_0073Isra’ mi’raj adalah suatu peristiwa  sakral sebuah  perjalanan yang melewati jalur darat dan udara dalam waktu semalam. Menjadi sebuah destinasi yang menjadi salah satu tanda mukjizat yang dimilik Nabi Muhammad.  Tanggal 27 Rajab yang jatuh pada tanggal 03/04 masehi. PKPT IPNU/IPPNU UNEJ  bersama Ibu-ibu muslimat Jember dan TPQ Ar-Rayyan mengadakan acara peringatan Isra’ mi’raj yang bertempat di masjid Al-hidayah, Sumbersari, Jember.

Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini berlangsung lancar. Dihadiri oleh rekan dan rekanita IPNU/IPPNU bersama ibu-ibu muslimat dan adik-adik TPQ Ar-Rayyan yang nampak begitu antusias. Acara yang dibuka dengan lantunan ayat-ayat suci Al-quran oleh Rekan Tamami membuat suasana khidmad dan lebih sakral. Kemudian dilanjut dengan pembacaan sholawat dan maulid diba’ yang dibawakan rekan-rekan IPNU. Berlanjut ke acara inti, yakni mauidhoh hasanah oleh KH. Mahdi. Acara yang berlangsung selama kurang lebih empat jam ini berjalan dengan cukup lancar.

Ada yang unik dari acara kali ini.  Lantunan sholawat yang dibawakan oleh adik-adik TPQ berpakaian serba putih lengkap dengan peci dan jilbab serta memegang bendera merah putih di tangan kanan mungilnya. Suara khas adik-adik TPQ membuat seluruh tamu yang hadir turut ikut serta melambaikan tangan dengan lantunab-lantunan sholawat khas NU yang diringi tabuhan rebana. Ceramah yang penuh dengan pengatahuan yang diselipi guyonan-guyonan sukses membuat seisi ruangan yang hadir mencair dan tak sedikit yang tertawa. Begitulah  ceramah ala kiai NU,  bahasa yang mudah di pahami sesuai dengan kemampuan para pendengarnya.

“Isra’ mi’raj merupakan salah satu cara Allah SWT menghibur kekasih-Nya “Muhammad”. Dikala hati beliau sedang sedih ketika baru saja ditinggalkan oleh sang istri Siti Khadijah dan pamannya Abu Thalib” ujar beliau KH. Mahdi

Perjalanan jalur darat dan udara yang ditempuh dalam waktu satu malam, dari masjidil haram menuju masjid al-aqsa dari masjid al-aqsa menuju sidrotul muntaha. Peristiwa yang menguji keimanan seorang muslim, untuk mengimani kenabian Muhammad Saw” sambung beliau.

Di penghujung acara, ditutup dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh KH. Mahdi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s