Bakat Minat – Pelatihan Sholawat Hadrah Banjari

Pemandangan baru terlihat di sekret baru PKPT IPNU IPPNU UNEJ, Minggu (31/03). Ya, benar anggota dan pengurus yang terhimpun dalam organisasi PKPT ini sedang berlatih hadrah banjari. Latihan ini dilaksanakan secara rutin setiap Minggu sore ba’da sholat Ashar. Minggu ini merupakan latihan minggu kedua, namun pada minggu pertma diisi dengan tahap pengenalan baik dari para anggota maupun dengan pelatih.

Suara khas rebana atau biasa disebut ‘terbang’ turut meramaikan dan menambah semangat para anggota hadrah. Dung tak tak dung dung dung tak dung, begitulah kiranya suara musik banjari saat sesi latihan.

IMG-20190330-WA0004
Suasana laihan hadrah di sekret baru PKPT IPNU IPPNU

Rekan Alim yang merupakan pelatih hadrah banjari ini mengatakan dalam tabuhan hadrah banjari ada 4 macam tahapan. Pertama awalan, naik, variasi, dan turun/tutup. Tabuhan banjari juga dibagi menjadi dua jenis, yakni lanangan dan wedok’an. “Dalam tahap awal latihan ini setiap penabuh lebih baik menepatkan terlebih dahulu antara bunyi ‘dung’ dan ‘tak’ agar setelah dan cara pemegangan terbang yang benar, kemudian rumus-rumusnya dihafalkan dan berlatih terus menerus” Ujar pelatih yang juga santri Pondok Al-Jauhar tersebut di sela-sela latihan.

Acara latihan rutin hadrah banjari ini merupakan program kerja dari Departemen Bakat Minat. Tujuan diadakannya latihan ini untuk menumbuhkan cinta kepada nabi Muhammad dengan lantunan sholawat hadrah al-banjari dan mengasah potensi dari setiap kader khususnya dalam bidang seni islami sholawat hadrah banjari. Selain itu nantinya diharapkan di dalam PKPT IPNU IPPNU ini terbentuk grup hadrah yang siap terjun baik di acara internal organisasi maupun di acara yang diadakan masyarakat sekitar. “Syukur-syukur kalau nanti bisa berpartisipasi dalam perlombaan hadrah, jadi latihannya nanti harus lebih istiqomah lagi dan lebih kompak lagi” Ujar rekan Alkaysu Dana, Ketua PKPT IPNU UNEJ yang turut menemani jalannya latihan.

Di akhir acara latihan ditutup dengan koreksi dari pelatih dan motivasi untuk anggota yang mengikuti latihan rutin ini. Pelatib juga berpesan agar ketika latihan setiap minggunya lebih baik lagi dan yang hadir juga lebih banyak. Setelah itu acar ditutup dengan doa bersama.

 

Pewarta: Indah Evatus Sholeha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s